Awalnya, kami ingin melakukan percobaan selancar klip kertas. Dimana tujuan akhir eksperimen ini adalah suatu kesimpulan bahwasanya air itu mempunyai kulit. Ya, Sainers cilik diajak untuk meneliti tegangan permukaan air.
Tapi..


Para Sainers Cilik adalah anak-anak pra sekolah yang berumur 3-4 tahun. Mereka belum mengerti apa itu tegangan permukaan air. Mereka belum mengerti bagaimana memasukkan klip kertas dengan hati-hati kedalam air. Mereka belum mengerti mengapa serangga tidak tenggelam saat berada di air yang tenang. Dan yang mereka tahu adalah cara yang asyik untuk bermain air.
Dengan penuh semangat mereka memasukkan klip kertas ke dalam semangkuk air dan mengaduk-aduknya. Terus mengaduk-aduk air itu sampai air tumpah dan membasahi lantai. Sambil tertawa, mereka mulai menghitung klip kertas yang dimasukkan ke dalam air.
Aha..
Ide bagus, eksperimen kali ini berubah 180 derajat. Sainers cilik akan belajar menghitung klip kertas yang masuk ke dalam air. Mengamati klip kertas yang jatuh dengan cepat ke dasar permukaan air, dan juga klip kertas yang melayang-layang jatuh perlahan lahan ke dalam dasar air.
Mereka antusias menambahkan klip kertas yang ada ditangannya dengan klip kertas yang ada di dasar air. Mereka antusias menghitung jumlah keseluruhan klip kertas yang sudah dijatuhkan. Mereka antusias bermain air, membasahi tangannya , berlari-larian hingga akhirnya menyirami tanaman.
Tidak selalu sesuai rencana
Kejadian diatas mungkin adalah satu dari sekian banyak kejadian yang diluar rencana. Terkadang kita sudah membuat suatu rencana dengan rapi dan sistematis, namun saat kegiatan itu dilakukan hasilnya diluar rencana yang telah disusun.
Ya, itu adalah hal biasa yang sering terjadi. Maka, tak perlu sedih ataupun gundah karena rencana yang sudah kita buat gagal. Tersenyumlah karena dari situ kita akan belajar bagaimana berfikir kreatif. Memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada untuk membuat satu kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Kita juga belajar bagaimana mengatur emosi untuk mengusai suasana. Agar suasana tetap nyaman dan kondusif untuk belajar mengajar.

 
Jadi , keep calm and smile.

Tak Selalu Sesuai Rencana
Sharing is Caring
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *