Pengenalan agama sejak dini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu dengan sains. Anak2 diajak bermain sains kemudian orang tua atau guru menjelaskan fenomena tersebut secara ilmiah disertai dengan dalil agama.

Kali ini Rumah Sains akan bermain dengan air panas dan air dingin. Eksperimen ini akan memberikan pemahaman kepada anak bahwa neraka itu panas, dan surga itu dingin.
Yuk kita coba.

Bahan dan alat

1. Air dingin
2. Air panas
3. Botol bekas minuman 2 buah
4. Pewarna makanan
5. Kertas Karton

Cara kerja
1. minta anak untuk mengambil air dingin di kran air. Masukkan ke dalam botol. Kemudian berikan penjelasan bahwa air yang di dlm botol itu adalah air dingin. Jika mereka sudah yakin bahwa air itu adalah air dingin minta mereka untuk memberi warna hijau ke dalam botol air tsb.
2. Ambil botol yang tersisa. Isi botol itu dengan air panas yang ada di dalam termos. Kemudiann berikan penjelasan bahwa air yg ada di dlm botol itu adalah air panas. Jika mereka sudah yakin bahwa air itu adalah air panas minta mereka untuk memberi warna merah ke dalam botol air tsb.
3. Pada kesempatan ini, jelaskan kepada mereka bahwasanya botol yg hijau itu dingin dan sejuk layaknya surga.Setiap orang ingin masuk surga. Dan botol yang panas itu seperti neraka. Panas, sakit, dan menyakitkan. Sedikit saja terkena air panas kulit akan melepuh. Kita semua takut masuk neraka..

air panas dan dingin
       air panas dan dingin tidak tercampur

3. Kemudian, botol yangterisi air panas ditutup dengan karton sebagai pembatas dengan merekatkan ke ujung botol yang berisi air dingin sehingga posisinya air panas berada diatas air dingin lalu perlahan ambil pembatas kartonnya dan amati perubahannya. Kemudian balik kan posisi botolnya yaitu botol yang berisi air dingin berada diatas dan botol yang berisi air panas dibawah. Amati perubahannya. Apa yang terjadi?

air dingin dan panas tercampur
air dingin dan panas tercampur

Penjelasan hasil eksperimen :
Pada percobaan ini perubahan yang terjadi pada kedua air tersebut yaitu:
1. Pada saat air panas di atas dan air dingin dibawah, air panas tidak tercampur dengan air dingin karena molekul air yang dingin lebih berat dibanding dengan molekul air panas Tidak ada perubahan warna pada air, warna merah tetap berada diatas dan warna hijau berada dibawah.
2. Pada saat air dingin berada diatas dan air panas berada dibawah setelah pembatas karton karton di ambil terjadi perubahan warna pada air yaitu warna menjadi coklat. Hal ini dikarenakan tercampurnya air yang panas dengan air dingin akibat dari molekul pada air panas lebih ringan dibanding air dingin
Kesimpulan
Pada air panas mempunyai molekul lemah dan air dingin mempunyai molekul kuat. Begitu juga dengan manusia amalannya yang lemah maka neraka baginya dan amalannya yang kuat maka surgalah baginya.

Pengenalan Surga dan Neraka
Sharing is Caring
Tagged on:                                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *