Garis plimsoll merupakan tanda garis muat pada suatu kapal. Artinya Muatan yang akan dimuat suatu kapal layak atau tidaknya untuk menampung beban tergantung dari garis plimsoll ini. Tanda garis plimsoll ini terdiri dari suatu lingkaran dengan diameter luas 300 mm dan lebar 25 mm yang dipotong oleh sebuah garis horizontal dengan panjang 450 mm dan lebar 25 mm dimana sisi atas garis ini melalui titik tengah dari lingkaran. Titik tengah lingkaran harus diletakan ditengah kapal pada jarak sama dengan lambung timbul musim panas yang diberikan ( summer freeboard) diukur vertikal ke bawah dari sisi atas geladak.

Gambar garis plimsoll

IMG_20160816_091052_HDR_1471965696650

 

 S: menunjukan tanda sisi atas dari garis yang melalui titik tengah dari lingkaran ( summer load line: garis muat musim panas)

T : menunjukan sisi atas sebuah garis (tropical load line: garis muat musim tropik)
W : menunjukan sisi atas sebuah garis (winter load line: garis muat musim dingin)
W.N.A : menunjukan sisi atas sebuah garis (winter north atlantic : garis muat musim dingin atlantik utara).

Alat dan bahan yang digunakan dalam membuat garis plimsoll yaitu spidol, wadah kosong diumpamakan sebagai kapal, batu diasumsikan sebagai muatan, ember dan air.

1. Ember diisi dengan air
2. Seluruh pinggir wadah kosong diberi tanda garis seperti pada kapal
3. Masukan batu sebagai muatan ke dalam wadah kosong tersebut dan amati apa yang terjadi.

IMG_20160816_090804_HDRIMG_20160816_090651_HDR

Hasilnya dapat dilihat wadah yang diberikan muatan batu tergantung banyak sedikitnya muatan batu yang dimasukan ke dalam wadah tersebut, semakin banyak muatan batu yang dimasukan ke dalam wadah tersebut makan akan terlihat batasan air yang melewati garis plimsoll. Oleh sebab itu muatan suatu kapal harus disesuaikan dengan garis plimsoll, jika air melewati garis plimsoll berarti muatan terlalu banyak dan harus dikurangi. Karena kalau tidak, maka kapal akan tenggelam karena kelebihan muatan. Namun, jika garis plimsoll terlalu mengambang diatas permukaan air berarti kapal tersebut muatannya kurang yang artinya harus ditambah agar lebih efisien.

Kesimpulan
Garis plimsoll sangat penting untuk menentukan muatan dan layak tidaknya suatu kapal untuk berlayar.

Mengenal garis plimsoll
Sharing is Caring
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *