‌Hari ini Rumah Sains mengajak Sainers Cilik  untuk mengenal benda-benda yang ada dilingkungan sekitar. Kami akan mengidentifikasi benda tersebut  mengapung atau tenggelam di dalam air. Mereka diajak keluar kelas untuk mengumpulkan benda-benda yang ada disekitar mulai dari rumput, daun-daunan, bunga, batu, kertas, botol dan sebagainya.

 

Mengapung tenggelam
Mengapung tenggelam

Alat dan bahan
1. Tabung besar
2. Air
3. Batu
4. Botol kaca
5. Daun/bunga
Cara kerja
1. Sainers Cilik diajak keluar ruangan kelas untuk mencari bahan-bahan yang diperlukan
2. Tabung besar diisi dengan air sampai penuh
3. Minta anak untuk memasukan benda-benda yang mereka dapatkan seperti daun, bunga dan batu.
4. Amati perubahan yang terjadi pada masing-masing benda

Hasil pengamatan
Berdasarkan pengamatan yang terjadi benda-benda yang mengapung yaitu bunga, daun, dan botol kaca kosong yang tertutup rapat mengapung,  sedangkan yang tenggelam adalah batu. Hal ini terjadi karena masa jenis pada bunga, daun, dan botol kaca kosong lebih ringan dibanding masa jenis air. sedangkan pada batu, masa jenisnya lebih besar dibanding masa jenis air.

Kesimpulan
Benda yang mengapung terjadi karena masa jenisnya lebih kecil dibanding masa jenis air dan benda yang tenggelam terjadi karena masa jenisnya lebih besar dibanding masa jenis air.

 

Tapi mengapa botol kaca yang tertutup rapat bisa mengapung di dalam air?

Ya, karena botol kaca ini berisi udara sehingga membuatnya mengapung. jika kita buka tutupnya, air akan masuk ke dalam ruangan yang berisi udara sehingga botol akan tenggelam. yuuk di coba

Mengapung dan Tengglam
Sharing is Caring
Tagged on:                                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *