Fenomena alam¬† gunung meletus di dalam air laut cukup sulit untuk dibayangkan. Oleh karena itu, hari ini Sainers Cilik akan mencoba membuat simulasinya. Namun sebelumnya, Ibu Guru akan menjelaskan terlebih dahulu tentang hari kiamat yaitu hari dimana gunung-gunung berapi yang ada di dalam laut semuanya akan meletus. Ya, laut akan menjadi lautan api yang sangat panas. Mari kita banyak-banyak berdo’a agar Allah melindungi kita dari siksaan api neraka.

Setelah itu, mari kita bereksperimen..

Alat dan bahan yang di perlukan
1. Tabung besar
2. Air panas dan air dingin
3. Pewarna makanan
4. Es batu
5. Botol kaca 2 buah

Cara kerja
1. Siapkan tabung besar dan diisi dengan air dingin sampai penuh.
2. Masing-masing botol kaca diisi dengan air panas dan air dingin kemudian diberi identitas dengan menggunakan pewarna yang berbeda. Untuk air panas diberikan warna merah dan untuk air dingin diberikan warna hijau.
3. Masukan botol air panas ke dalam tabung besar yang berisi air bersuhu normal dan masukan es batu ke dalam tabung tersebut dan buka tutup botolnya kemudian amati perubahannya.
4. Masukan botol air dingin ke dalam tabung besar yang berisi air bersuhu normal dan masukan es batu ke dalam tabung tersebut lalu buka tutup botolnya kemudian amati perubahannya.

Hasil percobaan
Proses yang terjadi saat botol air panas dimasukan ke dalam tabung besar,  adalah penyebaran warna merah diatas permukaan air, yaitu dengan melebarnya air yang berwarna merah dari dalam botol air panas ke atas permukaan air dingin. sehingga menyebabkan air yang tadinya dingin berubah menjadi panas. sedangkan Untuk botol air dingin saat dimasukan ke dalam tabung, yang terjadi adalah penyebaran warna hijau yang merata. Tidak hanya ke atas permukaan air tetapi juga ke dalam permukaan air tabung.

 

Coba bayangkan satu botol saja bisa membuat seisi air dingin yang di dalam tabung menjadi panas, apalagi jika seluruh gunung berapi yang ada di dalam laut meletus. bagaimakah panasnya? tidak ada manusia yang bisa membayangkan panasnya. oleh karena itu mulai sekarang kita harus banyak beramal ya, dan juga banyak bersedekah. OK sainers cilik !

Eksperimen Gunung Merapi di Dalam Laut
Sharing is Caring
Tagged on:                                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *